Tuesday, March 13, 2012

TWITTER


Apa itu "Revolusi 140 Karakter"?


Orang-orang, lewat Twitter, juga jejaring sosial lain, begitu mudah dan cepat untuk merespon sesuatu. Dan mereka bisa bersuara lepas menumpahkan perasaan dan pikiran mereka: bersimpati, memuji, mengecam, mengkritik, bahkan memaki. Tak heran jika ada yang menganggap jejaring sosial, termasuk twitter, bisa membahayakan.foto
Sejumlah negara, dengan berbagai alasan, lalu memblokir twitter dan jejaring sosial lainnya seperti Pakistan, Bangladesh, Aljazair, dan terakhir Mesir. Bahkan Mesir sempat memblokir jaringan internet secara keseluruhan. Di Mesir, twitter menjadi salah satu mesin penggerak solidaritas untuk menurunkan Presiden Hosni Mubarak.
Selain menjadi mesin penggerak dalam ranah sosial dan politik, tweeter juga menjadi jembatan bagi seseorang untuk "naik panggung". "Twitter memungkinkan orang biasa menjadi seperti selebritas," kata Dr David Lewis, neuropsikolog kognitif dan direktur penelitian berbasis di University of Sussex, Inggris. "Ini fenomena mikro-selebriti."
Tak heran kalau Lewis pun mengatakan: "Saat ini kita memasuki era paling narsis." Mengungkapkan diri menjadi kebutuhan sosial utama manusia. Tidak hanya lewat twitter, juga lewat beragam jejaring sosial yang muncul, seperti facebook, Jaiku, Yammer, Mim dan lainnya.
Lewis menyatakan, berpatok pada teori kebutuhan manusia yang digagas Abraham Maslow pada 1943 tentang A Theory of Human Motivation, usai memenuhi kebutuhan primernya, manusia akan beranjak semakin ke atas dengan kebutuhan yang sifatnya lebih sosial dan psikologis. "Kebutuhan untuk dihargai, berprestasi dan aktualisasi diri," ujarnya seperti dikutip laman Psychologytoday.
Sosial media seperti twitter memang dimaksudkan untuk kebutuhan sosial, seperti keterlibatan dalam sosial, komunitas atau kelompok. Perasaan yang terhubung kepada orang lain melalui media itu membantu manusia memenuhi kebutuhannya yang terkait dengan harga diri dan pengakuan sosial.
Tak kalah penting adalah sebagai sarana penyampaian informasi, sekaligus pikiran dan sikap orang terhadap informasi itu. Tak peduli seberapa penting informasi yang diunggah, ketika menarik perhatian sebagian besar pengguna twitter, maka informasi ini akan direspon pengguna lain. "Rasa ingin tahu itu disalurkan dengan respon masing-masing," ujar Bloger Enda Nasution.
Beragam respon yang muncul itu, misalnya retweet, menulis ulang kata kunci informasi tersebut, atau bahkan menanyakan informasi tersebut. Saking banyaknya kata kunci informasi itu ditulis pengguna twitter, jadilah informasi membesar bak bola salju. Jadilah ia trending topic.
Sumber : tempointeraktif.com

Sukhoi Su-30MK


Rusia: Tak Ada Calo dalam Pembelian Sukhoi


  
Sukhoi.org Foto dokumentasi Sukhoi Su-30MK

JAKARTA, KOMPAS.com -  Pemerintah Rusia, melalui Kedutaan Besar Rusia di Jakarta, membantah adanya peran calo dalam pembelian enam unit jet tempur sukhoi SU-3-MK2 dari Rusia oleh pemerintah Indonesia.

Sejumlah pihak di Indonesia menduga, harga enam pesawat itu telah digelembungkan (mark up) sehingga menimbulkan kerugian bagi negara. Ada dugaan, Indonesia  telah berhubungan dengan pihak ketiga, yang berperan sebagai calo, sehingga harga jet-jet tempur serta berbagai perangkat lain terkait dengan jet-jet itu menjadi sangat mahal atau jauh di atas harga normal.

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (12/3/2012), Kedutaan Besar Rusia untuk Indonesia menjelaskan, kontrak pembelian enam jet tempur jenis SU-3-MK2 oleh Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI) itu ditandatangani Kementerian Pertahanan dan JSC Rosoboroneksport pada akhir Desember 2011. JSC Rosoboroneksport, menurut keterangan itu, dibentuk sesuai dengan Ketetapan Presiden Federasi Rusia dan merupakan perantara negara Rusia untuk mengekspor dan mengimpor produksi, teknologi serta jasa militer dan dwiguna. 

"Hanya JSC Rosoboroneksport yang memiliki hak untuk memasok seluruh spektrum persenjataan dan teknik militer yang diproduksi oleh perusahaan pertahanan Rusia yang diizinkan diekspor ke pasar dunia," demikian kata pernyataan tersebut.

Keterangan itu juga menjelaskan, proses persiapan dan penandatanganan kontrak pembelian enam jet tempur itu dilakukan secara langsung oleh wakil-wakil berwenang dari Kementerian Pertahanan Indonesia dan JSC Rosoboroneksport dan diadakan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan dalam hukum kedua negara. 
"Informasi tentang keterlibatan pihak ketiga dan penggelembungan harga terkait dengan itu, tidak benar," kata siaran pers itu.

Selain enam pesawat SU-30MK2, kontrak antara Rusia dan Indonesia itu juga mencakup pasal-pasal tentang pemasokan mesin pesawat terbang, set suku cadang dan pelatihan spesialis Indonesia sesuai dengan program yang disepakati oleh kedua pihak. Pengiriman partai pertama pesawat SU-30MK2 it direncanakan akan dilakuan pada akhir 2012. 
 
SUMBER : KOMPAS

JOMBANGKU


SEJARAH SINGKAT KABUPATEN JOMBANG
  
Jombang termasuk Kabupaten yang masih muda usia, setelah memisahkan diri dari gabungannya dengan Kabupaten Mojokerto yang berada di bawah pemerintahan Bupati Raden Adipati Ario Kromodjojo, yang ditandai dengan tampilnya pejabat yang pertama mulai tahun 1910 sampai dengan tahun 1930 yaitu : Raden Adipati Ario Soerjo Adiningrat.
  
Menurut sejarah lama, konon dalam cerita rakyat mengatakan bahwa salah satu desa yaitu desa Tunggorono, merupakan gapura keraton Majapahit bagian Barat, sedang letak gapura sebelah selatan di desa Ngrimbi, dimana sampai sekarang masih berdiri candinya. Cerita rakyat ini dikuatkan dengan banyaknya nama-nama desa dengan awalan "Mojo" (Mojoagung, Mojotrisno, Mojolegi, Mojowangi, Mojowarno, Mojojejer, Mojodanu dan masih banyak lagi).
Salah Satu Peninggalan Sejarah di Kabupaten JombangCandi Ngrimbi, Pulosari Bareng Bahkan di dalam lambang daerah Jombang sendiri dilukiskan sebuah gerbang, yang dimaksudkan sebagai gerbang Mojopahit dimana Jombang termasuk wewenangnya Suatu catatan yang pernah diungkapkan dalam majalah Intisari bulan Mei 1975 halaman 72, dituliskan laporan Bupati Mojokerto Raden Adipati Ario Kromodjojo kepada residen Jombang tanggal 25 Januari 1898 tentang keadaan Trowulan (salah satu onderdistrict afdeeling Jombang) pada tahun 1880.
Sehingga kegiatan pemerintahan di Jombang sebenarnya bukan dimulai sejak berdirinya (tersendiri) Kabupaten jombang kira-kira 1910, melainkan sebelum tahun 1880 dimana Trowulan pada saat itu sudah menjadi onderdistrict afdeeling Jombang, walaupun saat itu masih terjalin menjadi satu Kabupaten dengan Mojokerto. Fakta yang lebih menguatkan bahwa sistem pemerintahan Kabupaten Jombang telah terkelola dengan baik adalah saat itu telah ditempatkan seorang Asisten Resident dari Pemerintahan Belanda yang kemungkinan wilayah Kabupaten Mojokerto dan Jombang Lebih-lebih bila ditinjau dari berdirinya Gereja Kristen Mojowarno sekitar tahun 1893 yang bersamaan dengan berdirinya Masjid Agung di Kota Jombang, juga tempat peribadatan Tridharma bagi pemeluk Agama Kong hu Chu di kecamatan Gudo sekitar tahun 1700.
Konon disebutkan dalam ceritera rakyat tentang hubungan Bupati Jombang dengan Bupati Sedayu dalam soal ilmu yang berkaitang dengan pembuatan Masjid Agung di Kota Jombang dan berbagai hal lain, semuanya merupakan petunjuk yang mendasari eksistensi awal-awal suatu tata pemerintahan di Kabupaten Jombang
Kabupaten Jombang secara administratif terdiri atas 21 Kecamatan, dengan jumlah Desa/Kelurahan sebanyak 306. Adapun batasan wilayah Kabupaten Jombang secara adminstrasi terletak diantara :
Barat : Kabupaten Nganjuk;
Timur : Kabupaten Mojokerto;
Utara : Kabupaten Lamongan dan
Selatan : Kabupaten Kediri

WISATA JOMBANG

 Tempat-tempat Wisata Kabupaten Jombang
Air Terjun Tretes
Obyek wisata Air Terjun Tretes terletak di Dusun Tretes, Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam +/- 40 Km dari pusat kota Jombang arah Tenggara.
Goa Sigolo-golo
Goa alam yang indah ini terletak di dusun Kranten, Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam berjarak +/- 30 Km dari Air Terjun Tretes.
Wisata air Sumberboto
Wisata air Sumberboto di Kecamatan Mojowarno merupakan bentuk Wana Wisata binaan dari Perhutani yang banyak dikunjungi para remaja setiap bulannya. Suasana dingin dan asri penuh dengan pdpohonan.
Gelanggang Wisata Air
Selain Wisata air Sumberboto, terdapat pula gelanggang wisata air, kolam pancing dan lapangan tenis yang terletak strategis +/- 2 Km arah timur pusat kota Jombang yang dikenal dengan "Tirta Wisata Keplaksari"
Kedung Cinet
Kedung Cinet terletak 10 km dari jembatan Brantas Ploso, tepatnya di desa Pojok Klitih , lokasinya di tengah hutanbelantar. Selama perjalanan pengunjung dimanjakan dengan pemandangan yang indah. Dan menyusuri sungai brantas sampai melintasi jembatan “ goyang “ yang mengasyikkan jika tertiup angina, sebelum akhirnya tiba di kedung cinet yang indah
Sumber Penganten
Sumber ini terletak sekitar 1 kilometer dari arah pusat Kecamatan Jogoroto. Lokasi Sumber Penganten sangat jauh dari keramaian, tapi tidak terpencil, mudah dijangkau kendaraan apapun. Mempunyai hamparan parker yang luas dan tentu saja aman
Goa Sriti
Goa Sriti terletak di Kecamatan Wonosalam , Kabupaten Jombang. Untuk mencapai Goa ini pengunjung harus melalui jalan setapak yang sangat panjang berliku, tetapi goa sriti rel;atif mudah karena pengunjung harus berjalan kebawah dengan jalan yang dilalui tidak begitu panjang dengan pemandangan kawaan hutan yang hijau alami dan sesekali melewati pematang sawah penduduk yang banyak ditumbuhi pohon jati maupun pisang.
Sendang Made
Sendang Made terletak di Desa Made, Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang.  Selain Sendang Made disekitarnya terdapat sendang-sendang lain yang lebih kecil, Diantaranya Sendang Payung, Sendang Padusan, Sendang Drajat, Sendang Sinden dan Sendang Omben. Ukuran Sendang Made 8 m X 11 m dan masih terlihat terawatt keberadaannya . Untuk menuju  ke Sendang Made bisa dilalui dengan berbagai kendaraan.
 

info ka jombang


JADWAL PERJALANAN KERETA API
Berlaku Mulai 1 Maret 2010 s/d sekarang
 
NoKereta ApiRelasiStasiun JombangKeterangan
No.KANama KADariKeDatangBerangkat
1144GAYA BARU MALAMJakarta KotaSurabaya01.1801.21Ekonomi
244BANGUNKARTAPasar SeninJombang04.11-Executive
334BIMAJakarta GambirSurabaya04.3404.37Executive
4R44-1RANGK.BANGUNKARTAJombangKertosono-04.38Rangkaian
5104MUTIARA SELATANBandungSurabaya04.5705.00Bisnis
6990PNP / KRDKertosonoSurabaya05.2905.32Ekonomi
738TURANGGABandungSurabaya06.2006.23Executive
8965RAPIH DHOHOSurabayaMalang06.5206.55Ekonomi
9149PASUNDANSurabayaKiaracondong07.2307.25Ekonomi
10966RAPIH DHOHOBlitarSurabaya07.5908.06Ekonomi
1183SANCAKASurabayaYogyakarta08.0208.04Executive & Bisnis
125ARGO WILISSurabayaBandung08.2708.29Executive
13967RAPIH DHOHOSurabayaMalang09.3309.35 
143502BBMMadiunBentengLS09.59Barang
15157LOGAWAJemberPurwokerto10.4610.50Ekonomi
1684SANCAKAYogyakartaSurabaya11.1011.12Executive & Bisnis
17164SRI TANJUNGLempuyanganBanyuwangi12.2212.24Ekonomi
18969RAPIH DHOHOSurabayaMalang12.5512.57Ekonomi
19968RAPIH DHOHOMalangSurabaya13.1413.16Ekonomi
20158LOGAWAPurwokertoJember13.5814.02Ekonomi
21163SRI TANJUNGBanyuwangiLempuyangan14.1914.21Ekonomi
22R43-2RANGK.BANGUNKARTAKertosonoJombang14.55-Rangkaian
23143GAYA BARU MALAMSurabayaJakarta Kota15.0415.06Ekonomi
24970RAPIH DHOHOMalangSurabaya15.4815.58Ekonomi
2585SANCAKASurabayaYogyakarta15.5715.59Executive & Bisnis
2643BANGUNKARTAJombangPasar Senen-16.25Executive
27103MUTIARA SELATANSurabayaBandung17.3617.38Bisnis
28971RAPIH DHOHOSurabayaBlitar17.4817.58Ekonomi
296ARGO WILISBandungSurabaya17.5717.59Executive
3033BIMASurabayaJakarta Gambir18.1318.15Executive
3137TURANGGASurabayaBandung19.1219.15Executive
32991PNP / KRDSurabayaKertosono19.2019.47Ekonomi
33972RAPIH DHOHOMalangSurabaya19.3219.34Ekonomi
3486SANCAKAYogyakartaSurabaya19.4619.48Executive & Bisnis
353501BBMBentengMadiunLS21.09Barang
36150PASUNDANKiaracondongSurabaya22.0722.09Ekonomi
 
CATATAN :
  - LS = LANGSUNG ( tidak berhenti di stasiun Jombang)

CN 235 MPA


Pesawat CN 235 MPA Terbaik di Kelasnya di Dunia

CN-235 adalah pesawat angkut jarak sedang dengan dua mesin turbo-prop. Pesawat ini dikembangkan bersama antara CASA di Spanyol and IPTN (sekarang PT Dirgantara Indonesia) sebagai pesawat terbang regional dan angkut militer. Versi militer CN-235 termasuk patroli maritim,surveillance dan angkut pasukan.
Desain & Pengembangan
CN-235 diluncurkan sebagai kerja sama antara CASA dan IPTN. Kedua perusahaan ini membentuk perusahaan Airtech company untuk menjalankan program pembuatan CN-235. Desain dan produksi dibagi rata antara kedua perusahaan. Kerja sama hanya dilakukan pada versi 10 dan 100/110. Versi-versi berikutnya dikembangankan secara terpisah oleh masing-masing perusahaan.
Desain awal CN-235 dimulai pada Januari 1980, purnarupa pesawat terbang perdana pada 11 November 1983. Sertifikasi Spanyol dan Indonesia didapat pada tanggal 20 Juni 1986. Pesawat produksi terbang pertama pada 19 August 1986. FAA type approval didapat pada tanggal 3 Desemebr 1986 sebelum akhirnya terbang pertama untuk pembeli pesawat pada tanggal 1 Maret 1988. Pada tahun 1995, CASA meluncurkan CN-235 yang diperpanjang, yaitu C-295
Versi Militernya Digunakan di Banyak Negara
Ternyata, versi militer CN 235 banyak diminati dan diekspor ke negara lain, yaitu:
* Afrika Selatan: Angkatan Udara Afrika Selatan (1)
* Amerika Serikat: Penjaga Pantai Amerika Serikat (8 HC-144)
* Arab Emirat: Angkatan Laut Persatuan Emirat Arab
* Arab Saudi: Angkatan Udara Arab Saudi
* Botswana: Angkatan Udara Botswana
* Brunei: Angkatan Udara Brunei (1)
* Chile: Angkatan Darat Chile (4 CN-235-100) satu jatuh di Antartika
* Ekuador: Angkatan Udara Ekuador
* Gabon: Angkatan Udara Gabon
Indonesia: Angkatan Udara Indonesia (mengoperasikan CN235-100M, CN235-220M, CN235MPA)
* Irlandia: Korp Udara Irlandia (2 CN235MP)
* Kolumbia: Angkatan Udara Kolumbia
* Korea Selatan: Angkatan Udara Korea Selatan (20)
* Malaysia: Angkatan Udara Malaysia (8 CN235-220)
* Maroko: Angkatan Udara Maroko (7)
* Pakistan: Angkatan Udara Pakistan (4 CN235-220)
* Panama: Angkatan Udara Panama
* Papua New Guinea: Angkatan Udara Papua New Guinea
* Perancis: Angkatan Udara Perancis (19 CN235-100, 18 ditingkatkan menjadi CN235-200).
* Spanyol: Angkatan Udara Spanyol (20)
* Turki: Angkatan Udara Turki (50 CN235-100M); Angkatan Laut Turki (6 CN-235 ASW/ASuW MPA); Penjaga Pantai Turki (3 CN-235 MPA)
* Yordania: Angkatan Udara Yordania (2)
Disegani?
CN-235 MPA
Rupanya Australia, Singapura dan Malaysia sudah lama tahu kehebatan para insinyur Indonesia. Buktinya? Mereka sekarang sedang mencermati pengembangan lebih jauh dari CN 235 MPA (Maritime Patrol Aircraft) atau versi Militer.
Kalau para ekonom Indonesia antek-antek World Bank dan IMF menyebut pesawat buatan PT. DI ini terlalu mahal dan menyedot investasi terlalu banyak dan hanya jadi mainannya BJ Habibie lalu mengapa Korea Selatan dan Turki mengaguminya setengah mati.
Turki dan Korsel adalah pemakai setia CN 235 MPA terutama versi militer sebagai yang terbaik di kelasnya di dunia. Inovasi 40 insinyur-insinyur Indonesia pada CN 235 MPA ini adalah penambahan persenjataan lengkap seperti rudal dan teknologi radar yang dapat mendeteksi dan melumpuhkan kapal selam. Jadi kalau mengawal Ambalat cukup ditambah satu saja CN235 versi militer (disamping armada TNI AL dan pasukan Marinir yang ada) untuk mengusir kapal selam dan kapal perang Malaysia lainnya.
Dari berbagai sumber

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...