Thursday, December 26, 2013

F-16 E/F Block 60



Sejarah

Penunjukan awal yang disediakan Block 60 kembali pada tahun 1989, keinginan F/A-16 untuk memakai canon 30 mm dan memperkuat struktur sayap untuk anti-tank seperti 7.62 mm min pods. Pesawat ini sempat dipertimbangkan untuk menggantikan Warthog A-10 "original" Block 60 tidak jadi diproduksi dan penunjukan block ini pada dasarnya mengakhiri serangkaian penambahan Block-Block lain.

Model skala dalam fase awal pengembangan block 60, model ini tidak pernah terwujud. (Foto: www.f-16.net)

Block baru 60 dari pesawat F-16 merupakan langkah evolusioner kedepan dari pesawat Block 50 saat ini. Pada awalnya, Blok 60 dikembangkan menampilkan desain sayap / wing delta. Melalui tahap pengembangan, strategi LMTAS diubah dan memutuskan untuk hanya memulai dari struktur F-16 dasar tanpa mengubah terlalu banyak pada desain.

Structur and Avionic

Fitur block 60 mempunyai kemampuan baru. Satu : Fighting Falcon Block 60 diperpanjang dengan penambahan pesawat yang dipasang tangki bahan bakar konformal dan wing tank, mirip dengan F-16 E dan Block 50/52 plus.

Dua : Northrop Grumman AN/ASQ-28 IFTS (Internal FLIR and Targeting System) menggantikan pod dalam pesawat terbang sebelumnya dengan state-of-the art components dan packaging technology, Internal FLIR Targeting System (IFTS) menggabungkan FLIR canggih multi-fungsional / sistem laser ke dalam nose F-16 untuk meningkatkan lethality dan survivability dengan berat badan rendah dan drag dan laser penargetan pod dipasang di bawah pesawat. Peniadaan bulky pods juga meningkatkan stealthiness.

Tiga : adanya integrated electronic warfare suite dengan Northrop Grumman 'Falcon Edge' internal electronic countermeasures system, Northrop Grumman AN/APG-80 "Agile Beam Radar" dengan AESA (Active Electronically Scanned Array), electronic warfare management system, fiber-optic avionics data bus and up to eight chaff/flare dispensers, serta advanced friend or foe. Pesawat advanced avionics suite memiliki ruang yang tersedia untuk perbaikan masa depan, modular mission computer(MMC) Block 60 memiliki pengolahan throughput sebesar 12,5 juta instruksi per detik dan menyediakan integrasi sensor dan senjata.

ALQ-165 electronic countermeasures system,juga dikenal sebagai Airborne Self-Protection Jammer (ASPJ) yang canggih, high-power jamming system dikembangkan untuk memenuhi kedua persyaratan US navy dan USAF, meskipun program ini ditinggalkan sementara waktu. Sistem peringatan rudal di Blok 60 memberikan peringatan sebelum rudal mendekat sehingga pilot dapat mengaktifkan penanggulangan dalam waktu yang memungkinkan.

F-16 Block 60 menambahkan excellent pilot-aircraft interface dengan menggabungkan tiga kecanggihan 5-inch by 7-inch color displays. Pesawat ini memiliki kabel dan ruang yang dialokasikan untuk sistem helm-mount cuing yang dapat ditambahkan untuk meningkatkan pilot situation awareness. Picture pertama f-16 block 60 UAE yang diambil pada peluncuran resmi.

F-16 Block 60 mempertahankan kemampuan persenjataan penuh dari Blok 50 dan menambahkan beberapa kemampuan baru. Desain dasar Blok 60 dan senjata interface yang kompatibel dengan senjata masa depan yang diproyeksikan termasuk new air-to-air missiles seperti AIM-132 Advanced Short Range Air-to-Air Missile (ASRAAM). Pesawat ini juga support all-weather standoff weapons, seperti AGM-154 Joint Standoff Weapon (JSOW) dan AGM-84E Standoff Land Attack Missile (SLAM).

F-16 Block 60 telah dikembangkan dengan perbaikan pertumbuhan yang direncanakan dan kemajuan teknologi di hampir semua bidang utama, termasuk mesin, avionik, dan senjata.

Produksi

Sejauh ini, Blok 60 hanya dapat dijual ke Uni Emirat Arab. Dengan total pesanan sebanyak 80 unit pesawat compromising 55 unit single-seat E-models dan 25 unit double-seat F-models. Pengiriman ini dimulai pada tahun 2004 sampai 2007

Spesifikasi (Standarisasi Block 50/52)

Mesin: Satu General Electric F110-GE-132 turbofan, dengan tenaga 19,000 lb.s.t. kering dan 32,500 lb.s.t. dengan afterburner.
Performa: Kecepatan maksimum jarak pendek: Mach 2.02 (1333 mph) pada 40,000 kaki. Kecepatan jarak jauh maksimum: Mach 1.89 (1247 mph) pada 40,000 kaki. Radius taktis (hi-lo-hi interdiction dengan bahan bakar internal, dengan enam bom 500-lb) 360 mil. Jarak jelajah maksimum dengan bahan bakar eksternal 2450 mil.
Dimensi: bentang sayap 31 kaki, panjang 49 kaki 4 inci, tinggi 16 kaki 8.5 inci, wing area 300 kaki persegi. Berat: berat kosong: 22,000 pound; berat dengan muatan normal (misi udara-ke-udara) 29,000 pound, berat take-off maksimum 46,000 pound.
SPESIFIKASI F-16 E/F Block 60

Sejarah

Penunjukan awal yang disediakan Block 60 kembali pada tahun 1989, keinginan F/A-16 untuk memakai canon 30 mm dan memperkuat struktur sayap untuk anti-tank seperti 7.62 mm min pods. Pesawat ini sempat dipertimbangkan untuk menggantikan Warthog A-10 "original" Block 60 tidak jadi diproduksi dan penunjukan block ini pada dasarnya mengakhiri serangkaian penambahan Block-Block lain.


Model skala dalam fase awal pengembangan block 60, model ini tidak pernah terwujud. (Foto: www.f-16.net)

Block baru 60 dari pesawat F-16 merupakan langkah evolusioner kedepan dari pesawat Block 50 saat ini. Pada awalnya, Blok 60 dikembangkan menampilkan desain sayap / wing delta. Melalui tahap pengembangan, strategi LMTAS diubah dan memutuskan untuk hanya memulai dari struktur F-16 dasar tanpa mengubah terlalu banyak pada desain.


Structur and Avionic

Fitur block 60 mempunyai kemampuan baru. Satu : Fighting Falcon Block 60 diperpanjang dengan penambahan pesawat yang dipasang tangki bahan bakar konformal dan wing tank, mirip dengan F-16 E dan Block 50/52 plus.

Dua : Northrop Grumman AN/ASQ-28 IFTS (Internal FLIR and Targeting System) menggantikan pod dalam pesawat terbang sebelumnya dengan state-of-the art components dan packaging technology, Internal FLIR Targeting System (IFTS) menggabungkan FLIR canggih multi-fungsional / sistem laser ke dalam nose F-16 untuk meningkatkan lethality dan survivability dengan berat badan rendah dan drag dan laser penargetan pod dipasang di bawah pesawat. Peniadaan bulky pods juga meningkatkan stealthiness.

Tiga : adanya integrated electronic warfare suite dengan Northrop Grumman 'Falcon Edge' internal electronic countermeasures system, Northrop Grumman AN/APG-80 "Agile Beam Radar" dengan AESA (Active Electronically Scanned Array), electronic warfare management system, fiber-optic avionics data bus and up to eight chaff/flare dispensers, serta advanced friend or foe. Pesawat advanced avionics suite memiliki ruang yang tersedia untuk perbaikan masa depan, modular mission computer(MMC) Block 60 memiliki pengolahan throughput sebesar 12,5 juta instruksi per detik dan menyediakan integrasi sensor dan senjata.

ALQ-165 electronic countermeasures system,juga dikenal sebagai Airborne Self-Protection Jammer (ASPJ) yang canggih, high-power jamming system dikembangkan untuk memenuhi kedua persyaratan US navy dan USAF, meskipun program ini ditinggalkan sementara waktu. Sistem peringatan rudal di Blok 60 memberikan peringatan sebelum rudal mendekat sehingga pilot dapat mengaktifkan penanggulangan dalam waktu yang memungkinkan.

F-16 Block 60 menambahkan excellent pilot-aircraft interface dengan menggabungkan tiga kecanggihan 5-inch by 7-inch color displays. Pesawat ini memiliki kabel dan ruang yang dialokasikan untuk sistem helm-mount cuing yang dapat ditambahkan untuk meningkatkan pilot situation awareness. Picture pertama f-16 block 60 UAE yang diambil pada peluncuran resmi.

F-16 Block 60 mempertahankan kemampuan persenjataan penuh dari Blok 50 dan menambahkan beberapa kemampuan baru. Desain dasar Blok 60 dan senjata interface yang kompatibel dengan senjata masa depan yang diproyeksikan termasuk new air-to-air missiles seperti AIM-132 Advanced Short Range Air-to-Air Missile (ASRAAM). Pesawat ini juga support all-weather standoff weapons, seperti AGM-154 Joint Standoff Weapon (JSOW) dan AGM-84E Standoff Land Attack Missile (SLAM).

F-16 Block 60 telah dikembangkan dengan perbaikan pertumbuhan yang direncanakan dan kemajuan teknologi di hampir semua bidang utama, termasuk mesin, avionik, dan senjata.


Produksi

Sejauh ini, Blok 60 hanya dapat dijual ke Uni Emirat Arab. Dengan total pesanan sebanyak 80 unit pesawat compromising 55 unit single-seat E-models dan 25 unit double-seat F-models. Pengiriman ini dimulai pada tahun 2004 sampai 2007



Spesifikasi (Standarisasi Block 50/52)

Mesin: Satu General Electric F110-GE-132 turbofan, dengan tenaga 19,000 lb.s.t. kering dan 32,500 lb.s.t. dengan afterburner.
Performa: Kecepatan maksimum jarak pendek: Mach 2.02 (1333 mph) pada 40,000 kaki. Kecepatan jarak jauh maksimum: Mach 1.89 (1247 mph) pada 40,000 kaki. Radius taktis (hi-lo-hi interdiction dengan bahan bakar internal, dengan enam bom  500-lb) 360 mil. Jarak jelajah maksimum dengan bahan bakar eksternal 2450 mil.
Dimensi: bentang sayap 31 kaki, panjang 49 kaki 4 inci, tinggi 16 kaki 8.5 inci, wing area 300 kaki persegi. Berat: berat kosong: 22,000 pound; berat dengan muatan normal (misi udara-ke-udara) 29,000 pound, berat take-off maksimum 46,000 pound.

No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...