VPK-3927 Volk
adalah kendaraan lapis baja militer multiguna taktis yang diproduksi
oleh perusahaan pertahanan Rusia VPK (Voenno-Promyshlennaya Kompaniya).
Sejarah Volk
Kendaraan Volk pertama kali diperkenalkan saat International Forum Engineering Technologies 2010 (IDELF-2010) dari tanggal 30 Juni hingga 4 Juli 2010 di Zhukovsky, Rusia. Sekarang, tiga varian lain dari kendaraan Volk yang diproduksi (VPK-3927, VPK-39272, VPK-39273) masih dalam tahap uji coba.
Keluarga kendaraan lapis baja Volk diantaranya berkapasitas 1,5 dan 2,5 ton, dikembangkan untuk Angkatan Darat dan Unit Penegak Hukum Rusia. Kendaraan ini dirancang sesuai dengan tren keamanan global. Dibuat berdasarkan prinsip desain modular dengan fokus pada produksi serial dalam negeri untuk sekarang dan di masa depan.
Keluarga kendaraan lapis baja Volk ini terdiri dari 3 kelompok : lapis baja, sipil dan komersial. Kelompok pertama (lapis baja) saat ini sedang dalam tahap ujicoba, sedangkan dua kelompok lain (sipil dan komersial) masih dalam tahap pengembangan.
Sejarah Volk
Kendaraan Volk pertama kali diperkenalkan saat International Forum Engineering Technologies 2010 (IDELF-2010) dari tanggal 30 Juni hingga 4 Juli 2010 di Zhukovsky, Rusia. Sekarang, tiga varian lain dari kendaraan Volk yang diproduksi (VPK-3927, VPK-39272, VPK-39273) masih dalam tahap uji coba.
Keluarga kendaraan lapis baja Volk diantaranya berkapasitas 1,5 dan 2,5 ton, dikembangkan untuk Angkatan Darat dan Unit Penegak Hukum Rusia. Kendaraan ini dirancang sesuai dengan tren keamanan global. Dibuat berdasarkan prinsip desain modular dengan fokus pada produksi serial dalam negeri untuk sekarang dan di masa depan.
Keluarga kendaraan lapis baja Volk ini terdiri dari 3 kelompok : lapis baja, sipil dan komersial. Kelompok pertama (lapis baja) saat ini sedang dalam tahap ujicoba, sedangkan dua kelompok lain (sipil dan komersial) masih dalam tahap pengembangan.
Kelompok pertama (lapis baja) terdiri dari 4 jenis :
- Kendaraan standar VPK-3927 dengan kabin terlindungi dan modul functional back lapis baja terpisah.
- VPK-39271 dengan modul fungsional terlindung yang menyatu dengan kabin (tidak ditampilkan saat pameran).
- Kendaraan VPK-39272 untuk mengangkut kargo dan personel dengan kemampuan untuk dipasangi berbagai modul fungsional.
- Kendaraan VPK-39273 6x6 dengan kabin terlindungi dan modul rear functional terpisah.
Desain Volk
Ada beberapa desain canggih baru yang diterapkan pada keluarga kendaraan lapis baja Volk, mulai dari unified platform, suspensi hidro-pneumatik independen dengan penyesuaian tinggi, peningkatan perlindungan kabin, kompartemen dan modul fungsional, mesin diesel baru YaMZ-5347, sistem kontrol informasi onboard (BIUS), dan desain modular.
Konsep perlindungan kendaraan ini didasarkan pada ukuran balistik yang tertinggi dan perlindungan dari ranjau. Desain lapis baja frame-panel mudah dilepas pasang saat di lapangan tanpa menggunakan alat khusus. Perlindungan balistik STANAG 4569 level 3 dengan kemungkinan bisa lagi ditingkatkan. Proteksi ranjaunya 1 level (setelah upgrade akan menjadi 2).
Mesin dan Suspensi Volk
Kendaran Volk dilengkapi dengan mesin canggih YaMZ-5347 Euro-4. Mesin ini berkemampuan 300 hp (tenaga kuda). Transmisi dan gearbox-nya tetap optimal hingga 250.000 km untuk mesin bertenaga 240 hp.
Suspensi hidro-pneumatik independen dengan penyesuaian tinggi memungkinan untuk pengubahan ground clearance dari 250 mm hingga 500 mm dan bergerak off road dengan kecepatan hingga 55-60 km/jam.
Sudut overhang depan dan belakang bervariasi tergantung pada posisi suspensi, mulai dari 45-55 derajat dengan minimum radius putar 7 m.
Sistem kontrol informasi onboard (BIUS) menyediakan fungsi kontrol dan unit dasar diagnosis dan komponen kendaraan dengan rekaman/catatan parameter. Mesin ini dikendalikan oleh 15 parameter : tekanan, temperatur, kecepatan, pasokan bahan bakar, sistem pendingin, sistem pelumas. Transmisi dan ban dikendalikan oleh suhu dan tekanan. Pengaturan sistem hidrolik dan suspensi dikendalikan dalam 24 poin. Kerusakan/gagal sistem BIUS tidak terhubung dengan mobilitas kendaraan.
Kendaran Volk dilengkapi dengan mesin canggih YaMZ-5347 Euro-4. Mesin ini berkemampuan 300 hp (tenaga kuda). Transmisi dan gearbox-nya tetap optimal hingga 250.000 km untuk mesin bertenaga 240 hp.
Suspensi hidro-pneumatik independen dengan penyesuaian tinggi memungkinan untuk pengubahan ground clearance dari 250 mm hingga 500 mm dan bergerak off road dengan kecepatan hingga 55-60 km/jam.
Sudut overhang depan dan belakang bervariasi tergantung pada posisi suspensi, mulai dari 45-55 derajat dengan minimum radius putar 7 m.
Sistem kontrol informasi onboard (BIUS) menyediakan fungsi kontrol dan unit dasar diagnosis dan komponen kendaraan dengan rekaman/catatan parameter. Mesin ini dikendalikan oleh 15 parameter : tekanan, temperatur, kecepatan, pasokan bahan bakar, sistem pendingin, sistem pelumas. Transmisi dan ban dikendalikan oleh suhu dan tekanan. Pengaturan sistem hidrolik dan suspensi dikendalikan dalam 24 poin. Kerusakan/gagal sistem BIUS tidak terhubung dengan mobilitas kendaraan.
VPK-3927 Volk
|
|
Jenis
|
Kendaraan mobilitas infanteri
|
Asal
|
Rusia
|
Sejarah produksi
|
|
Desainer
|
VPK
|
Desain
|
2010
|
Spesifikasi
|
|
Berat
|
12.200 kg
|
Panjang
|
6,976 m
|
Lebar
|
2,5 m
|
Tinggi
|
2,1 m
|
Kru
|
2 + 8
|
Lapis baja
|
STANAG 4569 level 3
|
Mesin
|
YaMZ-5347 diesel 240-300 hp
|
Rasio tenaga/berat
|
23,5-31,5/metrik ton
|
Muatan
|
4,5 ton
|
Suspensi
|
Hidro-pneumatik independen
|
Jangkauan operasional
|
1.000 km
|
Kecepatan
|
130 km/jam
|
Kredit foto : Vitaly Kuzmin (www.vitalykuzmin.net)
No comments:
Post a Comment