![]()  | 
| Formasi Pesawat Tempur J-11 China. (Foto: Topwalls.net) | 
Pondasi dari rencana jangka panjang program modernisasi Angkatan Udara 
China telah dibebankan pada tahun 2010, dan ditujukan untuk mencapai 
kemajuan besar pada tahun 2020. Untuk tahun 2010, China telah meletakkan
 pondasi dasar yang kuat untuk Angkatan Udaranya, ini ditunjukkan dalam 
latihan skala besar dengan sandi "Stride-2009" yang diselenggarakan 
bertepatan dengan perayaan 50 tahun kekuasaan komunis di China. Lima 
puluh ribu prajurit telah dimobilisasi secara besar-besaran dari tempat 
latihan mereka ke daerah-daerah yang tidak biasa bagi mereka.
Kekuatan Udara Baru Telah Muncul di Dunia
Pada tahun 1999, Angkatan Udara China mengoperasikan lebih dari 3.500 
pesawat tempur yang terdiri dari J-6 (sekelas MiG-19) dan J-7 (desain 
berdasarkan MiG-21). Kesepakatan dengan Rusia adalah induksi untuk 100 
Sukhoi Su-27 fighter. Angkatan Udara China juga memiliki armada pesawat 
bomber (pembom) H-6 (desain berdasarkan Tu-16).
Modernisasi Angkatan Udara China didorong oleh pertumbuhan ekonomi China
 yang luar biasa. Di abad ke-21 ini, dunia telah menyaksikan akuisisi 
China atas 105 Sukhoi Su-30MKK (2000-2003) dan 100 upgrade Sukhoi 
Su-30MKK2 (2004). China juga telah memproduksi lebih dari 200 pesawat 
tempur J-11s
 dari tahun 2002 dan hingga saat ini. Angkatan Udara China juga membeli 
total 126 Sukhoi Su-27SK/UBK dalam tiga batch pengiriman. Produksi 
pesawat tempur J-10 dimulai pada tahun 2002 dan 1200 berada dalam order.
 Pesawat bomber H-6 (Tu-16 Badger) dikonversi menjadi pesawat terbang 
pengisian bahan bakar.
Pada tahun 2005, Angkatan Udara China mengumumkan rencana untuk mengakuisisi 70 pesawat angkut (airlifter) Ilyushin Il-76
 dan 30 pesawat tanker Ilyushin Il-78 yang secara signifikan akan 
meningkatkan kemampuan airlift strategis dan memberikan kemampuan tempur
 dalam waktu yang lama bagi Angkatan Udara China. Departemen Pertahanan 
AS telah melaporkan bahwa Su-27 SKS China diupgrade menjadi Sukhoi Su-27
 SMK multirole (multiperan).
![]()  | 
| H-6 Bomber | 
China juga sedang mengorganisir combat air wing untuk satuan kapal induk di masa depan, mungkin J-15
 dan atau opsi lainnya Sukhoi Su-33, yang merupakan varian kapal induk 
dari keluarga Su-27. Banyak fighter di China yang diupgrade, sebagian 
untuk fungsi night maritime strike, yang memungkinkan bisa mengangkut senjata buatan Rusia, termasuk rudal jelajah Kh-31A anti-radiasi dan amunisi KAB-500 kawal-laser.
China juga mengembangkan pesawat misi khusus, yaitu KJ-2000 AWACS yang 
didesain berdasarkan platform Il-76. Pesawat angkut Y-8 sedang 
dimodifikasi untuk melakukan berbagai peran Airborne Battlefield Command,
 AEW dan pengumpulan data intelijen. JH-7/7A akan menjadi tulang 
punggung kekuatan serangan presisi dengan sejumlah besar J-10 dan J-11 
untuk peran superioritas udara. Peran interceptor akan dilakukan oleh JF-17 yang sekarang berada di bawah produksi China. Belum lagi yang terbaru adalah J-20 dan J-31, keduanya di klaim China sebagai fighter siluman.
Untuk kekuatan transportasi, China akan memiliki pesawat Il-76, Il-78, Y-9 dan tentunya yang terbaru adalah si bongsor Y-20,
 kemungkinan Y-20 lah yang sempat membuat kaget media barat dari hasil 
foto satelit terhadap salah satu aktivitas di pangkalan udara China. 
China juga memiliki berbagai helikopter dan pesawat lainnya untuk 
melakukan misi khusus dan tugas-tugas rutin. Dengan berkembangnya C4ISR 
(Command, Control, Communications, Computers, Intelligence, Surveillance
 and Reconnaissance), militer China akan menjadi kekuatan yang tangguh 
untuk diperhitungkan bahkan oleh musuh yang siap sekalipun. Dalam proses
 modernisasi, Angkatan Udara China telah meningkat secara eksponensial, 
meskipun belum diuji dalam pertempuran/operasi yang sesungguhnya.
Pengklasifikasian Pesawat
Angkatan Udara China mengklasifikasikan pesawat-pesawatnya dengan kode-kode tertentu. Yaitu :
- "J" untuk pesawat fighter
 - "Q" untuk pesawat ground combat (serangan darat)
 - "H" untuk pesawat bomber
 - "JH" untuk pesawat tempur-bomber
 - "Y" untuk pesawat transportasi
 - "JZ" untuk pesawat pengintai dan
 - "Z" untuk helikopter
 
China juga meluncurkan pesawat tempur generasi kelima, J-20 dan J-31 
dalam rentang waktu yang tidak lama, yang merupakan sebuah langkah besar
 dalam evolusi industri kedirgantaraan China. Kedua pesawat baru ini 
mmiliki fitur stealth (siluman), sekaligus menunjukkan tekad pada diri 
China untuk membentuk kemampuan militer baru di masa depan.
China berinvestasi secara signifikan di sektor kedirgantaraan dan 
manfaatnya sudah terlihat sekarang. Kemajuan telah jauh lebih cepat dari
 yang diperkirakan oleh analis Barat. Pertumbuhan ekonomi China yang 
fenomenal meningkatkan investasi dalam inovasi dan hasilnya akan bahwa 
pada tahun 2020 atau lebih China akan menjadi pusat inovasi dunia yang 
paling penting, menyalip AS dan Jepang.
Sejarah Industri Kedirgantaraan China
Sebuah sejarah singkat yang menyangkut pertumbuhan industri 
kedirgantaraan China akan mengungkapkan bagaimana transformasi China ini
 dicapai. Awalnya, Uni Soviet memberikan bantuan kepada Angkatan Udara 
China di awal 1950-an dengan membantu mendirikan fasilitas produksi 
pesawatnya. Pilot-pilot Angkatan Udara China juga dilatih dengan taktik 
Soviet dan beberapa dari mereka juga turut ambil bagian dalam Perang 
Korea melawan USAF (Angkatan Udara AS).
Pada akhir 1950-an, pabrik-pabrik perakitan pesawat China (di bawah 
lisensi Uni Soviet) mulai merakit pesawat dalam jumlah yang besar. 
Pesawat-pesawat yang dirakit adalah J-2 (MiG-15), J-4 (MiG-15bis), J-5 
(MiG-17) dan J-6 (MiG-19).
![]()  | 
| J-20 (Foto:Noua/resboiu.wordpress.com) | 
Putusnya hubungan dengan Uni Soviet merupakan pukulan telak bagi China. 
Industri pesawat terbang China nyaris hancur. Namun, secara bertahap 
industri kedirgantaraan China mulai pulih pada tahun 1965 dan China 
memproduksi pesawat tempur pertama mereka, J-8, berdasarkan penggabungan
 desain pesawat-pesawat Uni Soviet.
Modernisasi Angkatan Udara China kala itu juga tersendat-sendat akibat 
prioritas anggaran China yang lebih condong mendukung pasukan rudal dan nuklir China.
 Memanfaatkan celah antara Uni Soviet dan China, negara-negara Barat 
mulai memberikan bantuan untuk Angkatan Udara China pada akhir 1980-an. 
Avionik barat diaplikasikan ke J-7 (copy dari MiG-21), J-8 dan A-5 ground attack fighter. 
Teknologi barat juga turut andil dalam pengembangan bomber B-6D, rudal SAM HQ-2j high altitude
 dan rudal anti-kapal C-601 yang diluncurkan dari udara. Bantuan dari 
Barat akhirnya berakhir pada tahun 1989 akibat tindakan keras China 
terhadap demonstran dalam sebuah insiden terkenal "Lapangan Tianamen."
Runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991 terbukti menjadi berkah bagi China 
dan Angkatan Udaranya. Akibat pecahnya Uni Soviet, banyak ilmuwan Uni 
Soviet yang mencari penghidupan baru, insinyur dan teknisi dari bekas 
Uni Soviet akhirnya menemukan tempatnya di kompleks industri militer 
China. Selain itu, industri pesawat Rusia kala itu tengah berjuang untuk
 bertahan hidup. Rusia bahkan lebih dari bersedia untuk menjual pesawat 
modern dan teknologi ke China. Dan perekonomian China yang mumpuni mampu
 mengimpor semua yang terbaik yang ditawarkan Rusia.
Pesawat dan Helikopter Produksi Dalam Negeri China
Saat ini, Aviation Industry Corporation China telah menjadi memayungi 
sejumlah besar perusahaan yang bergerak dalam produksi pesawat dan 
peralatan yang terkait.
| Changhe Aircraft Industry Corporation Didedikasikan untuk membuat helikopter dan menghasilkan helikopter serang WZ-10, heli transportasi kelas berat Z-8, CA-9 Utility, Z11J dan helikopter Utilitas ringan Z-11.  | 
 
Chengdu Aircraft Industry 
Corporation 
Menghasilkan pesawat latih dasar JJ-5 (diekspor dengan nama FT-5), pesawat interceptor ringan J-7, pesawat tempur FC-1/J-17 Thunder multi-peran, pesawat tempur J-10 multi-peran, dan pesawat tempur generasi keilima J-20 dengan kemampuan siluman.  | 
 
Hongdu Aviation Industry Group 
Mengkhususkan diri dalam pesawat latih, menghasilkan pesawat latih utama CJ-5 dua-kursi, CJ-6 latih dasar dan lanjutan, K-8 latih dasar, JL-8 dan pesawat latih supersonik L-15.  | 
 
Guizhou Aircraft Industry Corporation 
Menghasilkan pesawat latih JL-9 (MiG-21U) dan sejumlah UAV.  | 
 
Harbin Aircraft Manufacturing Corporation 
Membuat helikopter Z-5, Z-9, Z-9W/G, Zhi-15 dan HC-120.  | 
 
Shaanxi Aircraft Corporation 
Memproduksi pesawat angkut dan membuat varian Y-8 (berdasarkan AN-12), Y-9 yang kemampuannya bisa disandingkan dengan Hercules C-130J, Y-7 dan Y-20 pesawat dukungan taktis dengan empat mesin.  | 
 
Shenyang Aircraft Corporation 
Menghasilkan J-8, J-11 (varian Su-27), pesawat tempur J-15 varian kapal induk tempur didasarkan pada Su-33 dan J-XX (disebut-sebut J-31) generasi kelima pesawat tempur yang sedang dikembangkan. Juga menghasilkan J-20 , H-6 bomber (Tu-16 Badger) dan beberapa UAV.  | 
 
Xi’an Aircraft Industrial Corporation 
Membuat pesawat H-8 bomber strategis kelas berat dan JH-7 tempur-bomber bermesin ganda.  | 
 
Selain itu, ada sejumlah besar pabrik-pabrik China yang ikut dalam 
pembuatan pesawat komersial sipil. Banyak produsen raksasa asing seperti
 Boeing, Airbus dan Eurocopter mendapatkan keuntungan untuk melakukan 
outsourcing sebagian atau produksi yang lengkap dari pabrik-pabrik 
China. Ini membantu industri kedirgantaraan China untuk menyerap 
teknologi baru. 
Pelatihan Pilot di Angkatan Udara China
Telah ada peningkatan kualitatif dalam filsafat pelatihan dan 
operasional dalam tubuh Angkatan Udara China. Pelatihan pilot 
berlangsung selama empat tahun dan dibagi menjadi dua tahap yang 
berbeda. Tahap pertama berlangsung selama 20 bulan di salah satu dari 
dua sekolah dasar terbang yaitu Changchun dan Banding. Terdiri dari 
pelatihan militer, politik, budaya/sastra, dan fisik, serta pelatihan 
parasut. Tahap kedua berlangsung 28 bulan di salah satu dari sepuluh 
akademi terbang, masing-masing memiliki resimen terbang 3-4 dan utamanya
 terdiri dari pelatihan teknis khusus.
Untuk pelatihan tahap kedua, lima bulan pertama diajarkan teori 
penerbangan, politik, navigasi, aerodinamis, senjata udara-ke-udara, 
struktur pesawat, dinamika penerbangan, mesin pesawat, instrumen, cuaca,
 dan terjun payung praktis, serta pelatihan komando, kontrol, dan ilmu 
pengetahuan. Satu tahun berikutnya, pelatihan dengan 155 jam terbang 
dengan menggunakan pesawat latih utama CJ-6. Enam penidikan yang 
diajarkan, antara lain aerobatik, navigasi, dan formasi, sirkuit, dan 
instrumen terbang. Biasanya 30 persen siswa gugur dalam fase ini.
![]()  | 
| Heli Serang WZ-10 (Foto:thebrigade.thechive.com) | 
Satu tahun di akhir pelatihan (pelatihan lanjutan), terdiri dari 130 jam
 terbang dengan menggunakan F-5. Latihan menyerang, navigasi, sirkuit, 
formasi, aerobatik, dan instrumen terbang, serta berpartisipasi dalam 
latihan perang. Fase ini memiliki tingkat gugur sepuluh persen. Total 
tingkat gugur siswa selama tiga fase di tahap kedua adalah 55 persen.
Lulusan akan menerima gelar dalam ilmu militer dan berstatus Deputy 
Company Pilot Officer. Lulusan dapat menjadi Company Grade Officers. 
Mereka yang gagal, diberi kesempatan untuk melatih di sekolah yang 
ditunjuk sebagai Ground Support Officers.
Angkatan Udara China juga telah menetapkan batas usia untuk 
pilot-pilotnya. Setelah pilot telah mencapai batas usia atau gagal 
memenuhi kualifikasi medis, terbangnya dihentikan. Salah satu masalah 
yang paling umum adalah bahwa Angkatan Udara China belum memiliki 
mekanisme untuk menyerap pilot yang dipensiunkan untuk bertugas di tugas
 non-terbang.




No comments:
Post a Comment